Pantai Menganti Surga Yang Tersembunyi

4:02 PM
ayorenang.com

ayorenang.com - Pantai Menganti Kebumen, sungguh tidak bisa dipercaya jika tempat kelahiran ayah saya di kabupaten kebumen ternyata memiliki pantai yang bagus yang bisa di sejajarkan dengan pantai yang ada dibali. Pantai ini tidak terlepas dari mitos yang sudah ada turun-temurun dimana dahulunya ada seorang panglima perang dari kerajaan majapahit yang kisah percintaannya tidak di restui oleh orangtuanya. Keduanya kemudian berjanji untuk bertemu di tepi samudra di selatan jawa, sang panglima terus menunggu pujaan hatinya  diatas bukit kapur yang berada dipantai tersebut. Hari berganti hari, bulan berganti bulan tetapi sang pujaan hati tidak kunjung datang. Berdasarkan cerita tersebut terciptalah nama Pantai Menganti.

ayorenang.com ayorenang.com

Jalan menuju ke Pantai Menganti memang terbilang sulit, karena sampai sekarang belum ada angkutan umum yang menuju kesana. Disarankan untuk menggunakan mobil pribadi atau bahkan sepeda motor mengingat  medannya hanya mudah dilalui oleh sepeda motor.  Pantai Menganti terletak di desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Jaraknya sekitar 35 Km dari kota Gombong atau 42 Km dari kota Kebumen. Dengan sepeda motor bisa ditempuh sekitar 1,5 jam, jika sahabat ayorenang ingin berkunjung ke Pantai Manganti. Dari jakarta naik kereta api ke arah jogja dan turun di stasiun Gombong atau kebumen, lalu perjalanan dilanjutkan dengan menyewa mobil rental.
Perjalanan yang sangat berliku melewati kawasan hutan kedu dan perbukitan karst tidak terasa jika kita sudah sampai di Pantai Menganti, hamparan pasir putih dan panorama perbukitan yang dihiasi tebing karst yang indah dan mempesona serasa membayar semua kelelahan itu. 

ayorenang.com

Belum lagi jajaran pohon kelapa yang terletak di sepanjang pesisir pantai. Jika sahabat ingin merasakan pengalaman yang berbeda naiklah ke tebing yang berada di bagian barat, tebing itu dinamakan Tebing Bidadari. Dari atas tebing terlihat jelas pemandangan samudra hindia, menara mercusuar yang dibangun oleh belanda pada tahun 1912-1915 dan Tanjung Karangbata yang letaknya di timur-tenggara Pantai Menganti. Pada musim penghujan Tebing Bidadari berubah menjadi air terjun yang mengalirkan air dari atas kebawah dengan ketinggian 30 meter, sungguh suatu pemandangan yang tidak bisa terlupakan. 

 

Di Tanjung Karangbata pemandangannya tidak kalah indahnya, disana sudah disediakan tempat berteduh dari panasnya sinar matahari. Dari sana kita bisa melihat pulau karang dan pantai pearcon yang berada disebelah timur. karena Pantai Menganti masih sejajar dan berada di pesisir selatan pulau jawa disarankan saat mengunjungi kesana jangan menggunakan pakaian berwarna hijau. Untuk pengunjung yang ingin bermalam di Pantai Menganti sudah terdapat villa, homestay, mushola,dan rumah makan.

(photo diambil dari Telusuri Indonesia)

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »