Snorkeling di Pulau Tidung Tidak Bisa Di Lupakan

12:18 AM
ayorenang.com


ayorenang.com - Redaksi ayorenang.com kali ini diundang langsung oleh Dina Handayani Effendy sebagai Country Manager dari Mitra Premium Google untuk Digital Advertising yang ada di Indonesia dalam acara office gathering yang diadakan di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu(04/10/2015). Pulau Tidung merupakan salah satu daerah objek wisata bahari yang sedang dikembangkan oleh pemprov DKI. Karena jaraknya yang tidak terlalu jauh, maka jika pada hari sabtu-minggu atau hari besar lainnya sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik atau manca negara. Dengan menggunakan kapal dari kali Adem - muara angke perjalanan laut bisa ditempuh dengan waktu sekitar 2,5 jam. Tapi jika ingin lebih cepat bisa menggunakan kapal cepat milik Pemprov DKI. Untuk tiket kapalnya sendiri berkisar antara Rp.40.000 - Rp. 80.000. Sementara kapal yang melayani Muara Angke-Pulau Tidung atau sebaliknya sangat banyak jadi anda tidak perlu khawatir akan ketinggalan kapal.


ayorenang.com ayorenang.com

Pulau Tidung terbagi menjadi 2 bagian Tidung Besar dan Tidung Kecil, untuk menghubungkan kedua pulau tersebut dibuatlah jembatan atau yang biasa disebut Jembatan Cinta. Untuk semua fasilitas yang terdapat di Pulau Tidung Besar sudah lengkap antara lain Masjid, ATM, Kantor Polisi, Puskesmas Bersalin, Sekolah, Warung makan, Homestay, Resort dan masih banyak yang lainnya. Sementara untuk pulau Tidung Kecil diperuntukan bagi penggembangbiakan mangrove dan tidak ditempati oleh penduduk.

ayorenang.com

Acara snorkeling yang kami lakukan dimulai setelah makan siang dan berangkat melalui pelabuhan Utara Pulau Tidung. Pulau Tidung sendiri mempunyai karakteristik pasir putih yang lembut, airnya bening, disebelah utara bisa di temui ombak yang besar serta koral dan ikan laut dari berbagai jenis.

ayorenang.com
(photo by Agus Riyadi)

Banyak spot terbaik untuk melakukan snorkeling di sekitar Pulau Tidung dan jembatan cinta. Biasanya ditandai dengan banyaknya kapal yang sedang lego jangkar. Waktu yang di sarankan untuk snorkeling disekitar Pulau Tidung antara jam 13.00 - 15.00 karena pada jam-jam tersebut visibilitasnya sangat bagus sementara anda bisa snorkeling di sekitar jembatan cinta pada pagi hari di sekitar jam 06.30 - 08.00 karena pada jam-jam tersebut bisa dikatakan tidak ada ombak sehingga tidak menggangu anda dalam melakukan snorkeling.

ayorenang.com

ayorenang.com ayorenang.com

Untuk yang menginginkan olahraga sport yang lebih menantang bisa mencoba banana boat, jet ski, perahu cano ataupun lompat dari atas jembatan cinta.

ayorenang.com ayorenang.com
 (photo by Agus Riyadi)                                                    (photo by Agus Riyadi)

Biasanya wisatawan akan mendatangi jembatan cinta di pagi hari pada jam 05.30 - 07.00 untuk menyasiksikan sunset dan pada jam 17.30 - 18.30 untuk menyaksikan sunrise. Saat menikmati keindahan pulau tidung dan alam sekitarnya biasanya wisatawan menggunakan transportasi sepeda.

ayorenang.com ayorenang.com
 (photo by Agus Riyadi)                                                     (photo by Agus Riyadi)

Seperti keterangan beberapa penduduk setempat bahwa pada tahun baru biasanya wisatawan meningkat hampir 300%. Hal ini bisa terjadi karena pemerintah setempat khususnya pemda DKI memberikan perhatian khusus kepada Kepulauan seribu untuk bisa menyedot minat wisatawan domestik berkunjung kesana. Dari beberapa wisatawan yang redaksi ayorenang.com temui ada banyak alasan yang dilontarkan bahwa dengan biaya yang relatif murah dan terjangkau wisatawan sudah bisa menikmati keindahan alam bawah laut dengan airnya yang jernih dan jenis karang yang beraneka ragam. Begitu juga dengan jarak tempuh waktu yang singkat untuk menuju ke pulau tidung ataupun beberapa pulau yang ada di kepulauan seribu yang membuat para wisatawan menentukan pilihan untuk berlibur di kepulauan seribu.


ayorenang.com

Wilayah: Pulau Tidung, Kepulauan Seribu






Share this

Related Posts

Previous
Next Post »