Tips Mudah Belajar Berenang untuk Pemula

10:23 AM
Ayorenang.com - Berenang bisa dikatakan salah satu olahraga terbaik, ini menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti barat.

Karena olahraga renang melibatkan seluruh anggota tubuh atau dengan kata lain seluruh tubuh aktif bergerak. Namun tidak semua orang bisa melakukan aktifitas olahraga ini, karena diperlukan kemampuan khusus.

Namun jangan takut, jika ada niat dan kemauan, renang bisa dipelajari loh. apalagi untuk orang-orang dewasa.

Tertarik bagaimana kamu bisa mahir berenang, berikut ini tipsnya untuk kamu sahabat Ayorenang.com :

1. Niat 

Ini adalah langkah awal yang paling penting. Tanamkan didalam diri bahwa renang adalah olahraga yang terbaik

2. Jangan Malu 

Rasa malu itu sebenarnya manusiawi, apalagi jika melihat anak-anak kecil yang sudah piawai berenang. Di tempat-tempat dalam lagi. Tapi sebenarnya rasa malu bisa kita atasi. Sewa saja guru privat atau teman yang sudah mahir.

3. Gunakan Kacamata Renang 

Untuk seseorang yang baru belajar berenang, kacamata renang itu harus ! Kenapa? Karena dengan memakai kacamata berenang, kita bisa melihat di dalam air. Dan ini membuat kita tidak takut dan bisa menguasai medan. Bayangkan kalau kita tidak memakai kacamata. Selain mata perih, saat di dalam air mata kita jadi refleks merem dan mikir yang tidak tidak, tenggelam dan lainnya

4.Belajar Bernafas 

Sebenarnya inti dari berenang adalah bernafas, Kita bisa masuk ke kolam setinggi dada untuk mulai berlatih bernafas. Untuk tarik napas, kita bisa mengatupkan mulut dengan mengucapkan kata “AP”. Tidak perlu menarik napas dalam-dalam, hanya sekedarnya saja lalu langsung menutup mulut seperti menutup jalan udara. Setelah itu tahan, lalu keluarkan melalui mulut juga secara perlahan dengan mengucap kata “BAHH”. Jadi proses tersebut menggunakan pernafasan lewat mulut, bukan lewat hidung seperti biasanya. 

Jika proses itu sudah terbiasa, bisa dicoba saat tahan napas, kepala dimasukkan ke dalam air. Mata jangan merem, karena sudah pakai kacamata khan. Sambil menahan napas, kita bisa menikmati kejernihan air didalamnya. Ini bisa dimodifikasi misal dengan bantuan papan. Kedua tangan memegang papan, kaki kecipak kecipuk (digerakkan), dan kepala masuk keluar air untuk berlatih bernafas. Semakin lama, napasnya bisa semakin lama sekitar 10 detik. Saya rasa, jika kita sudah menguasai pernafasan di dalam air, kita sudah menguasai 50% teknik berenang.

5. Jangan Takut dan Rileks 

Kendala terbesar orang belajar berenang adalah takut dan kaku. Soal takut, bisa diatasi dengan berlatih di kolam dangkal dulu dan memakai kacamata. Air ketelan sudah biasa, namanya juga belajar pertama. Untuk kaku bisa diatasi pelan pelan dengan banyak latihan. Lalu, untuk menguji keberanian yaitu dengan cara berdiri di tempat yang agak dalam, tahan napas sampai kaki menyentuh lantai. Teknik ini juga bisa digunakan untuk melatih tahan napas supaya lebih lama.

6. Belajar Meluncur dan Mengambang 

Setelah pernafasan mulai dikuasai, kita bisa berlatih meluncur. Kaki bisa dihentakkan dari dinding kolam, kedua tangan dikatupkan (seperti orang mau bersalaman) lalu tahan napas saat kepala masuk di dalam air. Saat menahan napas, rileks dan lemaskan tubuh. Santai saja dan rasakan bahwa tubuh kita ternyata bisa keatas sendiri (mengambang). 

7. Belajar Gerakan 

Setelah pernafasan dan meluncur sudah mulai dikuasai, kita bisa berlatih gerakan. Setelah meluncur, tahan napas, rileks. Setelah tubuh terasa “naik” ke atas, gerakkan tangan dan kaki. Pisahkan kedua tangan yang menyatu lalu arahkan ke belakang/bawah. Gerakan tangan seperti membentuk huruf “W” tetapi ujungnya menyatu. Atau omega. Begitupan dengan kaki, hanya kebalikan. Saat tangan ditarik ke belakang bawah, otomatis kepala juga akan keatas keluar air. Gunakan untuk membuang nafas sekaligus langsung mengatupkan mulut. Dan tubuh kembali ke posisi standart (lurus) berbarengan kepala masuk ke air.

Nah cukup mudah khan. semoga tips ini berguna untuk sahabat ayorenang yang ingin belajar renang karena tidak ada kata terlambat untuk belajar.


Ilustrasi belajar renang - (Foto Denzi Setyo)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
January 9, 2017 at 3:23 PM delete

terimakasih atas infonya sangat membantu bagi kami yang pemula...

www.fajaragung.com

Reply
avatar